Jumat, 17 Mei 2013

Upah mengajarkan Al Qur'an

Catatan pulang pengajian

Imam Ibnu Katsir ketika menafsirkan ayat : وَلَا تَشْتَرُوا بِآيَاتِي ثَمَنًا قَلِيلًا 
Yang artinya: “Dan janganlah kamu menukar ayat-ayatku dengan harga yang rendah.” (Al Baqarah:41). Beliau membawakan pendapat para imam tentang makna ayat tersebut dan beliau juga menjelaskan maknanya dengan pendapat berikut:
وفي سنن أبي داود عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من تعلم علما مما يبتغى به وجه الله لا يتعلمه إلا ليصيب به عرضا من الدنيا لم يرح رائحة الجنة يوم القيامة وأما تعليم العلم بأجرة ، فإن كان قد تعين عليه فلا يجوز أن يأخذ عليه أجرة ، ويجوز أن يتناول من بيت المال ما يقوم به حاله وعياله ، فإن لم يحصل له منه شيء وقطعه التعليم عن التكسب ، فهو كما لم يتعين عليه ، وإذا لم يتعين عليه ، فإنه يجوز أن يأخذ عليه أجرة عند مالك والشافعي وأحمد وجمهور العلماء ، كما في صحيح البخاري عن أبي سعيد في قصة اللديغ : إن أحق ما أخذتم عليه أجرا كتاب الله وقوله في قصة المخطوبة : زوجتكها بما معك من القرآن فأما حديث عبادة بن الصامت ، أنه علم رجلا من أهل الصفة شيئا من القرآن فأهدى له قوسا ، فسأل عنه رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال : إن أحببت أن تطوق بقوس من نار فاقبله فتركه ، رواه أبو داود وروي مثله عن أبي بن كعب مرفوعا ، فإن صح إسناده فهو محمول عند كثير من العلماء منهم : أبو عمر بن عبد البر على أنه لما علمه الله لم يجز بعد هذا أن يعتاض عن ثواب الله بذلك القوس ، فأما إذا كان من أول الأمر على التعليم بالأجرة فإنه يصح كما في حديث اللديغ وحديث سهل في المخطوبة ، والله أعلم .

Didalam Sunan Abu Dawud dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasalam bersabda: “Barangsiapa yang mempelajari ilmu yang seharusnya ditujukan untuk mengharapkan wajah Allah, namun ia mempelajarinya melainkan untuk mendapatkan dunia. Maka, ia tidak akan mencium bau surga kelak dihari kiamat.”

Adapun pengajaran ilmu dengan pemberian upah (ujroh), maka dalam hal ini jika seseorang telah ditunjuk/ditetapkan (misal: ditunjuk pemerintah) dan menjadi fardhu ‘ain baginya maka tidak boleh bagi dia untuk mengambil upah bayaran dari orang lain, dan dibolehkan mengambil upah dari baitul mal sekadar untuk bisa menghidupi dirinya dan keluarganya. Dan apabila ia tidak memungut upah atas apa yang diajarkannya, sedangkan hal tersebut menyita waktunya dalam mencari penghasilan. Maka bagi dia pengajaran tersebut tidak menjadi fardhu ‘ain (tidak ditetapkan) dan dibolehkan baginya menerima upah mengajar. Demikianlah pendapat Imam Malik, Syafi’i, Ahmad dan jumhur ulama’. Sebagaimana dalam Shahih Bukhori dari Abu Sa’id Al Khudri disebutkan kisah sahabat Ladigh : “Sesungguhnya yang paling berhak untuk diambil upahnya adalah mengajar Al Qur’an. “ dan juga kisah seorang sahabat yang melamar wanita dan maharnya adalah dengan mengajarkan Al Qur’an: “Saya menikahkan kamu dengan perempuan ini dan maharnya adalah mengajarkannya Al Qur’an.” 


Adapun hadits Ubadah bin Shomit yang dia mengajar seorang ahlus suffah kemudian diberi hadiah busur panah. Dan Ubadah bin Shomit bertanya kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam akan hal tersebut. Kemudian beliau shalallahu ‘alaihi wasalam bersabda :
إن أحببت أن تطوق بقوس من نار فاقبله
Yang artinya : ”Jika kamu lebih suka dikalungkan dengan busur dari api neraka, maka terimalah”. Dan Ubadah bin Shomit pun tidak menerima hadiah tersebut. (HR. Abu Dawud). Hal serupa juga diriwayatkan dari Ubay bin Ka’ab sebagai hadits marfu’. Jika isnadnya hadits ini shahih menurut kebanyakan para ulama’, diantaranya Abu Umar Abdul Barr, dapat dipahami sebagai ilmu yang diajarkan oleh Allah, sehingga setelah itu tidak diperbolehkan baginya menukar pahala dari Allah dengan busur panah. Namun, jika sejak semula sudah ada perjanjian pemberian upah, maka yang demikian itu juga dibenarkan sebagaimana dari hadits Ladigh dan hadits Sahl ketika meminang seorang wanita. 


Kesimpulan yang saya dapatkan adalah boleh menerima upah dari mengajar Al Qur'an, Ceramah dsb. selama memang kita tidak ditugaskan oleh Pemerintah dan mendapatkan gaji sebagai pengajar dari lembaga/ pemerintah tersebut.
Wallahu a’lam.

0 komentar: